Minggu, 17 September 2017

DASAR-DASAR EKONOMI

Diposting oleh Anggita Septamarika di 09.19
Ilmu Ekonomi

Image result for ilmu ekonomi 
 Sumber gambar: google image
Judul buku: Pengantar Ilmu Ekonomi
Penulis      : Dr. Imam Chourmain, M.Ed dan Drs. Prihatin
Penerbit    : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departement Pendidikan dan Kebudayaan 1994

Buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi ini akan saya bahas sedikit isi materinya yaitu pada materi konsep-konsep dasar ekonomi bab 1 yang membahas tentang ilmu ekonomi pada tulisan saya ini. Saya memposting tulisan ini dengan tujuan untuk memenuhi tugas pelatihan TIK dan memberikan pengetahuan bagi pembaca.

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang membahas upaya manusia dalam memenuhi kebutuhannya dengan alat pemenuhan kebutuhan berupa barang dan jasa. Upaya untuk pemenuhan kebutuhan dan cara pemenuhan kebutuhan merupakan masalah utama dalam ilmu ekonomi. Masalah ekonomi yang timbul seringkali yaitu apabila alat pemenuh kebutuhan yang berupa barang dan jasa itu terbatas atau biasa disebut kelangkaan.
Karena ilmu ekonomi membahas kebutuhan dan cara-cara memenuhi kebutuhan, maka ilmu ekonomi ini menjadi pemberi solusi atas masalah tersebut. Dari hal itu timbullah istilah "tindakan ekonomis" artinya berbuat sesuatu untuk mencegah pemborosan, mencegah penghamburan-hamburan. Dan Ilmu ekonomi itu memberikan petunjuk yang lebih tepat agar kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan cara yang paling sesuai, praktis, tepat dan hemat.

Berdasarkan batasan tentang ilmu ekonomi tersebut jelaslah bahwa ilmu ekonomi membahas masalah kebutuhan dan cara memenuhi kebutuhan manusia. Maka dari itu perlu diketahui ruang lingkup ilmu ekonomi menyangkut semua kegiatan dan tingkah laku manusia dalam upaya yang berkaitan dengan kebutuhan dan cara pemenuhan kebutuhannya. Kebutuhan itu timbul secara alami dari keharusan manusia untuk tetap hidup dan mempertahankan hidup. Banyak macam kebutuhan, yang dikelompokkan menurut bentuk, sifat, waktu, dan urutannya. Yang pertama kebutuhan menurut bentuknya dibedakan antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kemudian kebutuhan menurut sifatnya dibedakan antara kebutuhan ekonomi dan kebutuhan bukan ekonomi atau disebut juga kebutuhan sosial. Yang ketiga kebutuhan meurut waktunya dibedakan antara kebutuhan sekaran dan kebutuhan yang akan datang. Serta yang terakhir yakni kebutuhan menurut urutannya dibedakan antara kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Seorang ahli ekonomi yang bernama Gossen mengemukakan karakteristik pemenuhan kebutuhan manusia menurut norma-normanya. Norma-norma ini terkenal sebagai hukum Gossen yang berbunyi sebagai berikut:
Hukum Gossen Pertama: Dalam setiap pemenuhan sesuatu jenis kebutuhan, proses pemenuhan kebutuhan itu akan berlangsung bertahap, dengan tingkat pemuasan kebutuhan yang bertahap sampai akhir diperoleh kepuasan. Dari pernyataan tersebut dijelaskan bahwa proses pemenuhan kebutuhan itu berlangsung secara bertahap, tahapan ini sesuai dengan jumlah dan kadar pemuasan kebutuhan itu. Dengan demikian proses pemenuhan kebutuhan itu berjalan dari satu kepuasan beranjak kepada kepuasan berikutnya.
Hukum Gossen Kedua: Manusia memenuhi kebutuhannya yang berbagai ragamjenis dan jumlahnya secara serasi atau harmonis. Yang berarti bahwa berbagai jenis kebutuhan manusia, akan dilaksanakan secara serasi sehingga berbagai kebutuhan yang termasuk kebutuhan primer akan dipenuhinya terlebih dahulu.

Ilmu Ekonomi menggunakan cara-cara bekerja yang disebut cara pendekatan. Pendekatan ilmu ekonomi menggunakan pendekatan matematika, pendekatan statistika, dan pendekatan akuntansi. Selain penedkatan tersebut ilmu ekonomi juga menggunakan metode kerja yang dikenal sebagai: metode deduktif, metode induktif, metode matematika, dan metode statistika. Inilah cara-cara yang lazimnya ditempuh oleh para ahli ekonomi untuk menghadapi dan memecahkan perasalahan ekonomi.

Teori ekonomi menerangkan hubungan antara satu atau beberapa gejala ekonomi yang dapat diamati secara faktual atau secara empiris sehingga dapat menerangkan keberadaan gejala itu.Lazimnya teori ekonomi dapat digunakan untuk praktik ekonomi. Teori ekonomi umumnya dibagi menjadi dua yakni teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro. Teori ekonomi makro adalah teori yang membahas masalah ekonomi secara keseluruhan menyangkut keseluruhan sistem dan menentukan jalannya ekonomi masyarakat. Sedangkan teori ekonomi mikro yaitu teori yang membahas dalam hal terbatas atau peristiwa ekonomi yang bersifat khusus.


Sumber buku : Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta Kampus Wates





 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome to Anggi's Blog Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei